Bersama Mr Yap Cheng HaiSaya berkeyakinan dengan aktifnya popularitas disamping menjadi dikenal oleh orang lain juga akan mengenal orang-orang yang sangat populer. Sebenarnya karena sedang membangun usaha lain saya mengejar angka 9 untuk diaktifkan. Karena 9 berarti popularitas. keberuntungan akan datang dan keberuntungan yang berlipat. Bagi Paid member silahkan membaca Update Feng Shui 2008 kalau ingin meraih popularitas. Kalau benar cara aktifasinya tentu akan pula menuai hasil.

Kalau artikel lalu meyakinkan diri saya mengenal Musisi Blues Indonesia karena saya gitaris akustik blues. kali ini berlanjut karena saya praktisi feng shui sangat beruntung sekali bisa bertemu dan bercakap-cakap dengan Grand Master Yap Cheng Hai sang legenda feng shui yang tentu banyak praktisi juga berharap bisa ngobrol dengan beliau. Berikut adalah petikan wawancara saya dengan beliau.

Grand Master Yap tersenyum menerima salam kami (saya dan salah satu murid saya Ngurah Gede) di sebuah hotel mewah di kawasan Kuta. Bali dan mempersilahkan kami untuk duduk di sudut yang tenang.


Tanya: Mr. Yap. sudah berapa lama anda menjadi konsultan feng shui?
Jawab: Kira-kira sudah 55 tahun.

Tanya: Kami praktisi feng shui tahu reputasi anda sebagai konsultan dan juga grand master feng shui. Pertanyaan saya adalah. apakah feng shui memang bekerja dan sangat berpengaruh kepada kehidupan seseorang?
Jawab: Mr. Yap tersenyum arif dan menjawab: Saya telah menolong banyak orang beberapa diantara mereka adalah bilioner! Saya sendiri tidak menarik bayaran mahal dan tergantung siapa yang berkonsultasi yang paling murah adalah $300. Apakah saya kaya? Tentu saja saya kaya karena klien-klien saya adalah bilioner. Anda pasti tahu maksud saya.

Tanya: Apakah itu berarti feng shui selalu bekerja?
Jawab: Ya tentu saja.

Tanya: Apakah feng shui bekerja karena orang tersebut punya karma baik?
Jawab: Karma baik bekerja dan karma buruk juga bekerja. Saya tidak tahu karma klien saya. Tapi feng shui bekerja dan membuat mereka kaya. Lalu apakah feng shui juga bekerja untuk kamu? (saya menjawab:’ya. salah satunya saya bertemu anda hari ini dan saya sangat beruntung bisa bercakap-cakap dengan anda.). OK. tapi jangan bilang anda belajar feng shui dari saya. Mr. Yap berkata sambil tersenyum.

Memang saya tidak dan belum belajar dari Grand Master Yap. Beliau menyarankan saya ambil kelasnya satu saat nanti karena makin banyak guru makin baik pengetahuannya. Sambil berkelakar beliau berkata: “Kalau ada yang bisa ngajari feng shui ke saya lagi. saya akan naik pohon kelapa itu. ha ha ha …”.

Dalam obrolan ngalor ngidul saya sempat bertanya apakah Joy Yap adalah anak dari Mr. Yap. Master Yap sungguh sangat mangkel dengan pertanyaan ini. Tolong dicatat besar-besar. jawabnya:”JOY YAP BUKAN ANAK SAYA. TIDAK ADA HUBUNGANNYA DENGAN KELUARGA SAYA SAMA SEKALI. DALAM BENTUK APA SAJA.” Beberapa kali beliau menekankan kalimat tersebut diantaranya ada rasa marah dan jengkel.

Tanya: Mr. Yap. terlalu banyak teori feng shui. ada atribut 8 sektor ….
Jawab: Master Yap menyela pertanyaan saya. dan bertanya. ke arah mana hotel ini menghadap? Tenggara 1. jawab saya. karena kebetulan saya ngompasi waktu datang tadi. Kenapa Tenggara? Karena menghadap kekayaan. jawab saya lagi. Bukan itu. kenapa Tenggara? Atau di mana laut?

Akhirnya saya mengerti bahwa dengan menghadapkan pintu ke tenggara berarti laut berada tepat di utara. Sebenarnya secara denah. mestinya hotel ini memang menghadap timur. Kalau menghadap timur berarti laut berada di barat laut. Sekedar tahu saja laut kira-kira 3 kilometer jaraknya dari hotel. Juga sekedar tahu. memang hotel ini paling rame di kawasan ini. Dan jawaban ini salah satu dari penerapan atribut 8 sektor yang telah dijelaskan dengan lengkap di materi indofengshui. Jadi terapkanlah sebanyak mungkin teori yang ada untuk hasil maksimal.

Tanya: Dalam feng shui ada periode atau karena feng shui bintang terbang. Apakah selalu penting untuk melakukan perubahan feng shui sesuai bintang terbang?
Jawab: Kalau sudah beruntung untuk apa dirubah. (Tidak ada jawaban lain padahal saya menginginkan jawaban panjang).

Tanya: Mr. Yap. apakah shio berhadapan sungguh-sungguh membuat kurang beruntung. karena saya shio ular tahun babi lalu saya tidak seberuntung pada shio-shio lain?
Jawab: Benar kalau shio berhadapan memang orang kurang beruntung daripada shio-shio lainnya.

Tanya: Apa yang harus dilakukan kalau shio kita berhadapan dengan shio tahun?
Jawab: Saatnya beristirahat kalau mulai merasa kurang beruntung. Dan hati-hati dalam segala hal.

Tanya: Maaf Mr. Yap. satu pertanyaan lagi. Apakah simbol feng shui penting untuk dipraktekkan. Dan apakah selalu bekerja?
Jawab: Apakah kamu melihat di sini (di hotel) ada simbol kura-kura? (kami celingukan mencari simbol-simbol feng shui).

Akhirnya kami mengakhiri percakapan seputar feng shui dan pengalaman beliau pada dunia feng shui. Garis besar dari percakapan kami adalah pakailah sebanyak mungkin teori feng shui yang anda tahu dan dari sumber yang anda tahu.

Terima kasih sebesar-sebesarnya kepada:
1. Grand Master Yap Cheng Hai www.ychacademy.com yang telah dengan baik menjawab setiap pertanyaan kami.
2. Mr. Yap Boh Chu (anak Mr. Yap) yang telah mengijinkan kami bercakap-cakap dengan Grand Master Yap Cheng Hai.
3. Bapak Ir. Sidhi Wiguna Teh (murid kepercayaan Master Yap di Indonesia yang menyertai beliau datang ke Bali). Dalam waktu dekat akan menjadi partner indofengshui untuk ruang konsultasi.
4. Bapak IB Charma dari Ina Blues yang telah mengenalkan saya kepada Bapak Sidhi.

Rezeki Di Tahun Ayam Api 2017
Rezeki Di Tahun Ayam Api 2017

Mungkin ini sedikit aneh bagi praktisi feng shui dunia sebab menurut petunjuk Suhu periode feng shui akan mulai berlaku pada tanggal 20 Desember 2016. Tidak sebagaimana biasanya yaitu pada awal Imlek tahun 2017. Oleh karenanya indofengshui menyajikan [ ... ]

Konsep Nasib Menurut Feng Shui
Konsep Nasib Menurut Feng Shui

Bulan penuh. Purnama telah memberi banyak kenangan kepada umat manusia sejak peradaban dimulai. Berjuta-juta karya sastra lahir karenanya. Daya tarik mistiknya menguasai pasang surut air di laut. Banyak kebudayaan umat manusia tumbuh dan berkembang d [ ... ]

Mencapai Kekayaan – Keberuntungan Generasi

Naskah fengshui sungguh bertingkat dan perlu pemahaman yang baik. Pada suatu ketika di masa menjadi konsultan ada satu masalah yang memerlukan pemahaman praktek fengshui yang teliti. Seseorang ini sudah menjadi klien sejak masih kos dan menemukan ind [ ... ]

Asmara dan jodoh
Asmara dan jodoh

Mencari jodoh adalah hal yang sungguh tidak gampang bagi siapapun juga. Masalah selera. type. keserasian. belum lagi nasehat kuno seperti bibit bebet dan bobot. Pokoknya menjadi sangat rumit bagi siapa saja.
Arah dan Sektor Nian Yan adalah salah sa [ ... ]

Other Articles